COMPUTER MEDIATED COMMUNICATION

Nama : Shafa Nurul Umaya 
Npm   : 51420188
Kelas  : 2IA02


_________________________________________________________

Apa itu CMC? 
Computer Mediated Communication (CMC) adalah sebuah istilah yang digunakan untuk     melakukan komunikasi antar dua orang/lebih yang dapat saling berinteraksi melalui komputer yang berbeda melalui aplikasi yang ada pada komputer tersebut. Sebuah bentuk komunikasi dapat di kategorikan CMC adalah ketika dua atau beberapa   orang didalamnya dapat saling berkomunikasi melalui komputer yang termasuk ke dalam teknologi komunikasi baru

Sejarah CMC.
CMC sudah dikenal sejak pertama ditemukannya komputer digital pertama pada awal tahun 1960-an. Awalnya teknologi komputer digunakan manusia hanya pada aktivitas–aktivitas seperti pengiriman data, pemrosesan informasi atau hardware design. Kemudian pada tahun 1990-an internet yang menjadi perubahan dalam komunikasi manusia, komputer menjadi barang yang sangat populer dan dimiliki oleh banyak orang, komputer mengalami pergeseran fungsi menjadi alat komunikasi di mana orang – orang saling berinteraksi. Sejak saat itu para ahli mulai tertarik untuk mempelajari Computer-mediated-communication atau CMC

Sumber dasar CMC
- Kontek Eksternal 
  yaitu dimana dan kapan CMC terlaksana dan beredar? letak kota dan bahasanya. 
- Struktur sementara kelompok
  adapun struktur sementara kelompok adalah Synchromist ic / Asynchronis tic
- Infrastruktur Kecepatan Komputer 
  Infrastruktur Kecepatan Komputer  diantaranya, kecepatan, jumlah komputer dan kapasitas untuk anonymity, user –    friendliness
- Karakteristik kelompok dan anggota
  Ukuran kelompok dan Level edukasi partisipan.
- Tujuan Kegunaan CMC
  Tujuan kegunaannya ialah sebagai Interest Oriented dan Uses and gratifications

Bentuk CMC 
Bentuk CMC antara lain : 
- Email, listserve, danmailing list 
- Newsgroup, bulletin board, dan blog 
- Internet relay chat dan instant messaging 
- Metaworld dan visual chat 
- Personal homepage dan webcam. 
 
_________________________________________________________



Komentar